penilaian 360

what_mainImageKetika penilaian 360 derajat diperkenalkan sebagai salah satu cara baru memperoleh nilai perilaku individu pada organisasi, beberapa orang resisten untuk mempergunakannya. Di antara alasan mereka adalah: tidak adil jika bobot penilaian 360 itu 50% dibandingkan hasil kerja setahun hanya dihargai 50% juga; tidak adil dinilai oleh orang lain yang tidak mengenali kita; tidak wajar bawahan menilai atasan; bagaimana menilai orang yang tidak dikenal?; atasan boleh tahu siapa bawahan yang menilainya sedangkan bawahan tidak tahu bagaimana atasan menilai; dst. Sehingga tak sedikit yang tidak memanfaatkan alat penilaian 360 tersebut dengan baik.

Bagaimanakah sebenarnya penilaian 360 itu, seberapa baik dan buruknya dalam memengaruhi penilaian kinerja?

Sebuah penilaian 360 (juga disebut evaluasi umpan balik 360 derajat) memungkinkan individu untuk mengumpulkan umpan balik kinerja dari diri mereka sendiri dan dari orang-orang yang bekerja di sekitar mereka-seperti manajer, rekan-rekan, laporan langsung, anggota tim, profesor, atau bahkan klien. Hasilnya kemudian digulung menjadi laporan pribadi yang memungkinkan para peserta untuk melihat di mana mereka unggul, dan di mana mereka memiliki ruang untuk perbaikan. Alat penilaian 360 juga dapat sangat membantu untuk pengembangan kepemimpinan.

Tetapi ketika metode ini diterapkan untuk menilai perilaku individu dalam berorganisasi, seberapa jauh dalam mengaplikasikan internalisasi nilai-nilai organisasi, maka akan timbul masalah. Mulai dari memilih penilai, penggunaannya, peninjauan umpan balik, hingga integrasi ke dalam sistem manajemen kinerja yang lebih besar. Jika hal-hal tersebut tidak diperhatikan oleh organisasi, barangkali hanya akan memperoleh opini-opini subyektif untuk masing-masing individu. Bagaimanapun penilaian 360 dan penilaian kinerja memiliki hasil yang berbeda, oleh karena itu keduanya harus digunakan dalam mengevaluasi kinerja secara keseluruhan.

One thought on “penilaian 360

  1. Ping-balik: kinerja dan upah | bulet abang bulet ijo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s