flexi time

flexiKetika belum diterapkan kebijakan 3 in 1 untuk Jalan Gatot Subroto, Jakarta, jam kerja kantor adalah 7:30 hingga 16:00. Bagi beberapa orang yang tinggal di atas 15 kilometer dari kantor tentu waktu tersebut masih tergolong nyaman. Mereka masih dapat pergi dari rumah jam 6 pagi dan kembali ke rumah sebelum malam tiba. Sejak 3 in 1 diterapkan pada pagi hari jam 7:00 dan di sore hari jam 16:30, kantor pun menyesuaikan jam kerja menjadi 7:00 hingga 15:30. Tanpa mengurangi hak-hak pekerja yang jauh jaraknya dari kantor dengan memberikan kelenturan waktu (flexi time) untuk masuk kantor sebelum jam 8:00 dan diharapkan pekerja menambahkan sendiri waktu yang kurang di pagi hari ke sore hari alias pulang lebih telat.

Bagi beberapa pekerja eks perusahaan berlogo kuda laut mengapit bintang laut yang turut membidani lahirnya perusahaan, kebijakan ini tidak terlalu berpengaruh karena mereka telah terbiasa berangkat dari rumah jam 5:00 pagi. Bagi mereka, memalukan jika seorang pekerja datang lebih terlambat daripada atasannya. Mereka tidak mengenal alasan macet ataupun kesiangan. Dedikasi adalah hadir lebih awal dan pulang tepat waktu, atau jika masih diperlukan dapat pulang setelah menyelesaikan tugas-tugas dari atasan. Malah mereka mengherankan para pekerja yang tidak malu berprinsip “tidak mengulangi kesalahan: sudah datang terlambat tidak boleh pulang terlambat”.

Belakangan dengan bertambahnya volume kendaraan di jalan raya, dan kebijakan masuk sekolah jam 6:30 bagi pelajar di Jakarta, membuat pagi hari menjadi waktu yang jauh lebih sibuk daripada sebelumnya. Walaupun sudah berangkat dari rumah lebih awal, seringkali butuh waktu 2 jam ke kantor untuk jarak 20 kilometer saja. Maka flexi time sangat dirasakan manfaatnya bagi pekerja jenis ini. Dedikasi bergeser menjadi hadir dan menyelesaikan tugas-tugas sesuai pada waktunya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s