sms tengah malam

sms-mainDi masa-masa reorganisasi, hal yang paling ditunggu-tunggu adalah sms yang dikirim tengah malam. Sms tersebut berisikan undangan untuk menghadiri pengumuman atau syukur-syukur pelantikan jabatan baru. Berbeda-beda tanggapan para penerimanya, tergantung kondisi masing-masing. Ada yang berharap karena sudah melalui fit and proper test sebelumnya dan gembira begitu mendapat sms tersebut, sehingga di manapun ia berada langsung menyambut dengan suka cita, walaupun harus mencari tiket pesawat pada jam 2 dini hari. Ada pula yang mengacuhkannya entah karena tidak pernah berharap atau karena tertidur, sehingga ia memberi tanggapan di pagi harinya dengan biasa-biasa saja. Ada pula yang membenci sms tengah malam karena dianggap mengganggu waktu istirahat.ūüôā

Budaya mengirimkan sms tengah malam untuk pemberitahuan jabatan dimulai tahun 2005. Kepala badan pada¬†saat itu menginginkan militansi dari orang-orang yang menjadi pendukungnya dalam menjalankan roda perusahaan. Sesuai¬†perjanjian kerja yang menyebutkan “bersedia ditempatkan di lingkungan kerja dimana saja yang dipandang perlu” dan pengingkaran dari syarat ini dianggap sebagai “menolak perintah yang layak, walaupun telah diperintahkan”, seakan-akan sms tengah malam menjadi ujian bagi para pekerja yang menerimanya. Sejak saat itu, budaya sms tengah malam dipertahankan oleh kepala-kepala berikutnya.

Kalau hanya diterapkan kepada pekerja tersebut dapat dimaklumi, walaupun tidak tertulis tentu berdampak kepada istri atau suami pekerja yang diharapkan juga kehadirannya pada saat acara pengumuman atau pelantikan. Dapat dibayangkan betapa repotnya, bukan? Bagaimanapun juga, pejabat tidak boleh mengeluh apalagi yang benar-benar baru menjadi pejabat,¬†atau¬†kicked out.¬†Militansi ini¬†dapat dikata melebihi¬†pengumuman pejabat negara yang diberi keluangan waktu hingga pelantikan paling cepat 1×24 jam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s