jabatan dan hak

Chairman-EC-4000-BACWalaupun secara umum kita mengetahui bahwa jabatan adalah amanat namun masih banyak orang yang merasa berhak atas suatu jabatan, terutama jabatan yang memang sudah diincarnya sejak semula. Orang yang menyadari sepenuhnya bahwa jabatan adalah amanat akan berupaya melaksanakan beban yang dipikulkan kepadanya  sebaik-baiknya sebisa mungkin tanpa cacat. Sebab cacat pada saat menjabat merupakan aib bagi pengemban amanat sekaligus cacat pada jabatan itu sendiri. Orang-orang ini menerima amanat yang disandangkan padanya dengan ikhlas, tanpa mengeluh dan tetap tersenyum menghadapi risiko. Sebagian orang ini bahkan mengelak dan menolak apabila datang tawaran jabatan kepadanya.

Sebaliknya orang yang merasa berhak atas jabatan akan menganggap adalah sebuah kekeliruan jika ada orang lain yang ditunjuk menempati jabatan tersebut dan bertanya-tanya, “mengapa bukan saya”. Orang ini bersedih jika ditempatkan pada jabatan yang tidak sesuai harapannya. Orang ini bahkan mampu untuk sibuk menggembosi jabatan yang diincarnya sambil melalaikan tugas dan kewajibannya pada jabatan yang sedang dipegangnya. Orang-orang semacam ini biasanya tidak rela jika sebelum waktunya ia dipindahtugaskan. Orang-orang ini menerima jabatan karena menginginkannya, menaikkan gengsi dan pamornya sambil terus khawatir jika suatu saat jabatannya diambil dan diserahkan kepada orang lain.

Bagaimanapun yang akan melihat hasil jerih payah jabatan bukanlah si pejabat itu sendiri melainkan orang lain di sekitarnya dan orang yang pernah berhubungan dengannya baik secara pribadi maupun bisnis. Berani menjabat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s