tahun pemboran

jackupBisnis migas tidak seperti bisnis pabrik Coca Cola yang sekali bikin pabrik selamanya akan memproduksikan jumlah botol yang sama. Cadangan migas hanya mampu diproduksi secara alamiah sebesar 30% dari seluruh jumlah hidrokarbon yang terdapat di dalamnya. Untuk menguras sisanya diperlukan teknologi pengurasan sekunder dan tersier, itupun masih menyisakan paling tidak 20% jumlah migas yang tidak dapat dikuras dengan teknologi saat ini. Tanpa upaya optimisasi, produksi dari cadangan migas yang ada terus mengalami penurunan dengan laju sebesar 20% per tahun. Harus ada upaya optimisasi dengan mencari cadangan baru atau mengoptimalkan produksi cadangan yang tersedia, baik secara bawah tanah maupun atas tanah.

Unplanned shutdown yang sempat digaungkan sebagai salah satu penyebab utama penurunan produksi pada tahun 2010-2011 ternyata hanya menyumbang sebesar 8% terhadap tidak tercapainya target produksi tahun 2012. Sebaliknya dengan upaya optimisasi melalui pengeboran dan perawatan sumur-sumur migas, laju penurunan produksi dapat dihambat hingga sebesar 4% saja per tahun. Oleh karena itu tahun 2013 dicanangkan sebagai Tahun Pemboran. Diharapkan produksi migas pada tahun 2013 dapat meningkat dan memenuhi target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dalam beberapa tahun belakangan, pengeboran pengembangan hanya memberikan kontribusi produksi sebesar 70-80% dari target. Hal ini banyak dipengaruhi oleh  kendala pengadaan akibat terbatasnya ketersediaan peralatan pengeboran, permasalahan operasional yang menyebabkan terganggunya  jadwal pengeboran, kendala perijinan pemerintah setempat, serta kendala pembebasan lahan untuk lokasi pengeboran. Maka dari itu dengan menggaungkan semangat kolaborasi di berbagai fungsi, diharapkan semua kendala tersebut dapat diatasi dengan baik dan diminimumkan jumlahnya, sehingga dapat meningkatkan kontribusi produksi sesuai target yang direncanakan.

Dalam rangka mewujudkan itu semua pada bulan Februari 2013 organisasi baru menelurkan Divisi Survei dan Pemboran, sebagai pengembangan dari tingkat Dinas menjadi tingkat Divisi. Sebuah terobosan yang tidak dinyana, sudah dielu-elukan dan akan menjadi shock therapy yang dianggap ampuh oleh banyak pihak.  Mudah-mudahan, peruntungannya jauh lebih cerah dan tidak seperti tahun lalu🙂

Selamat bekerja! Terus bersemangat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s