pemboran atau pengeboran

kamusDunia migas sangat mengenal kata “pemboran” atau “pengeboran” yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris “drilling”. Secara istilah, yang dimaksud dengan pengeboran sumur adalah kegiatan membuat lubang sumur hingga kedalaman sasaran reservoir untuk keperluan eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi di darat atau di lepas pantai dengan menggunakan unit pengeboran.

Selama bertahun-tahun, walaupun kedua kata “pemboran” dan “pengeboran” digunakan dalam penulisan, dunia migas di Indonesia lebih familiar dengan istilah “pemboran”. Pada 5 tahun terakhir, struktur organisasi juga sempat menggunakan kata “pengeboran”, walaupun saat ini kembali menggunakan kata “pemboran”. Buku terbaru buah karya seorang dosen di sebuah institusi pendidikan ternama, berjudul “Teknik Pemboran”, seakan-akan mempertegas istilah “pemboran” sebagai istilah yang dibakukan.

Menurut kaidah Bahasa Indonesia, imbuhan pe- dan -an biasa digunakan untuk membentuk nomina dari kata dasar. Di antara variasi konfiks pe-an adalah sisipan -nge- yang digunakan setelah pe- dan sebelum kata dasar yang terdiri dari hanya satu suku kata, seperti “las” menjadi “pengelasan”, “cat” menjadi “pengecatan”, dan “bor” menjadi “pengeboran”. Jika kita mencari di dalam kamus KBBI kita akan mendapatkan kata “pengeboran” di bawah lema “bor” namun tidak akan menemukan kata “pemboran”.

Apakah dengan tidak terdapatnya pada kamus resmi menjadi cacat atau salah pada kata “pemboran”? Mau tidak mau kita mengakui bahwa kata “pemboran” tidak mengikuti kaidah baku Bahasa Indonesia. Akan tetapi karena kata tersebut sudah telanjur digunakan secara kaprah, maka mempertahankan penggunaan kata “pemboran” barangkali dapat dikompromikan sebagai nama atau istilah yang khusus, semisal nama salah satu organisasi atau judul buku atau salah satu kegiatan operasi migas. Sedangkan untuk mempergunakannya secara umum sebaiknya tetap mengikuti kaidah baku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s