e-mail dan kerja

image

Tidak dapat dipungkiri, surat menyurat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari praktik bisnis. Seiring dengan perkembangan teknologi moderen, walau bentuk cetak masih digunakan, bentuk elektronik pun mulai diandalkan. Hampir-hampir surat elektronik (surel/e-mail) menjadi tumpuan sehingga bisnis terhenti seketika akses ke server terputus.

Setiap pekerja berhak mendapatkan surel dengan domain perusahaan untuk kemudahan pekerjaan. Mereka juga berhak membuat surel pribadi menggunakan penyedia layanan surel seperti hotmail, yahoo, dan google untuk keperluan pribadi. Kadang-kadang alamat surel pribadi digunakan juga untuk keperluan pekerjaan ketika surel kantor tidak dapat dijangkau.

Ketika tim teknologi informasi sedang melakukan pemeliharaan server, baik yang terencana maupun tidak, surel kantor tidak dapat dijangkau. Tergantung kecepatan penyelesaiannya, dalam hitungan jam bahkan hari, selama itu pula pekerja tidak dapat menggunakan surel kantor.

Penggunaan surel kantor diatur oleh kebijakan yang melindungi hak-hak kantor dan pekerja. Pemblokiran akses ke penyedia layanan surel pribadi diterapkan setelah adanya indikasi penyalahgunaan surel pribadi. Praktis sejak itu surel kantor sangat diandalkan untuk pekerjaan sehari-hari. Dengan demikian apabila terjadi server down maka seolah-olah boleh menjadi pembenaran berhentinya bisnis sesaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s