perpustakaan

Library-BooksSetelah dikritik Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika melakukan kunjungan ke kantor pada September 2008, maka dilakukan pengumpulan bahan rujukan dan data terkini industri migas, baik dari lemari buku di setiap divisi yang diperoleh dari pengadaan buku setiap tahunnya, bahan-bahan kursus yang diikuti pekerja, pembelian buku-buku baru, hingga laporan-laporan yang dikumpulkan dari kontraktor migas. Sejak dibuka pada 24 Juni 2010, perpustakaan telah memiliki 3000 koleksi dan 400 anggota dengan rata-rata 60 kunjungan per hari.

Dari 3000 koleksi perpustakaan, sekitar 38% terdiri atas buku-buku pegangan dan rujukan, 32% dokumen dan laporan, 30% sisanya adalah majalah, koran dan fiksi. Kategori koleksi yang menjadi pinjaman favorit adalah buku-buku pegangan dan rujukan, diikuti oleh majalah dan fiksi kemudian dokumen dan laporan. Suasana ruang perpustakaan dengan tata letak yang nyaman dan pencahayaan yang pas menjadikan kunjungan yang dilakukan oleh para pengguna adalah untuk melakukan aktivitas seperti membaca, meminjam dan mengembalikan buku, serta diskusi atau rapat.

Dari sekitar 1200 pekerja, baru 400 orang yang menjadi anggota perpustakaan. 60% di antaranya merupakan kategori Gold alias mayoritas anggota perpustakaan adalah tingkat manajer, 20% adalah anggota kategori Platinum alias level pekerja di atasnya. Sedangkan 20% sisanya adalah anggota Standard alias level staf dan ke bawahnya. Sebaran ini menunjukkan bahwa menjadi anggota perpustakaan belum menjadi perhatian dan kebutuhan sebagian besar pekerja, sedangkan dari daftar anggota diketahui bahwa kebanyakan pada level manajer ke atas. Data ini juga menunjukkan bahwa pada level staf ke bawah dan kebanyakan pekerja lainnya, untuk memperoleh rujukan dan update, tidak memerlukan sarana perpustakaan.

Di zaman serba digital, keberadaan situs web saat ini baru dapat menyediakan layanan katalog dan rekaman transaksi dalam jaringan (online) intranet. Adalah tantangan tersendiri bagi pengelola perpustakaan untuk menyediakan layanan  yang memberi kemudahan lebih bagi para anggota maupun peminat perpustakaan. Cukup dengan membuka layar komputer di meja atau pada peranti mudah alih (mobile device) masing-masing melalui jaringan internet, siapapun yang terdaftar dapat menelusuri dan menikmati koleksi tanpa harus secara fisik mendatangi perpustakaan. Biar tetep eksis🙂

[data diolah dari laporan aplikasi perpustakaan]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s