kepingin jadi manajer

airplane-pilot-300Banyak orang yang kepingin jadi manajer, tapi tidak mau benar-benar mengelola. Mereka hanya melihat bahwa manajer punya status, punya kuasa, dan secara umum punya upah lebih besar daripada yang bukan manajer. Bahkan di dalam organisasi yang mengaku memiliki 2 jalur karir, jalur manajerial biasanya berjalan lebih cepat daripada jalur keahlian, baik dalam hal level hirarki maupun level pengupahan. Hanya sedikit organisasi yang benar-benar meletakkan 2 jalur karir itu dengan adil. Kebanyakan kasus, jalur keahlian adalah lapangan kerja bagi individual yang tidak memiliki kemampuan manajerial.

Satu definisi umum mengenai manajemen adalah membuat pekerjaan selesai melalui orang lain. Sangat mudah melihat definisi ini tidak pas. Seorang sipir penjara dapat membuat para napi bekerja sesuai keinginannya, tetapi dia tidak disebut sebagai manajer. Tidak terhitung banyaknya orang yang disebut manajer tetapi tidak mengelola dengan baik. Pengertian modern tentang manajemen adalah membuat kontribusi kepada organisasi tanpa diminta (Drucker, 1973). Seorang manajer tidak menunggu sampai tiba situasi untuk bereaksi; seorang manajer bersikap proaktif. Lebih jauh, seorang manajer mencari cara untuk meningkatkan fungsi organisasi. Berpikir maju.

Manajer ibarat seorang pilot. Mengendalikan pesawat mengarah ke tempat tujuan yang jauh. Membuat rencana penerbangan, memeriksa pesawat untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Lalu menerapkan prinsip-prinsip navigasi untuk memandu pesawat kepada tujuan akhir. Melihat posisi aktual terhadap rencana penerbangan, dan membuat koreksi yang diperlukan agar pesawat kembali ke target jika terjadi badai. Hal serupa dapat disebut sebagai manajemen. Manajer membuat tujuan, merancang langkah-langkah untuk mencapainya. Membandingkan pencapaian dengan rencana, dan membuat koreksi terhadap penyimpangan terhadap rencana.

Inilah yang disebut dengan kendali, adalah fungsi utama manajemen. Jika tidak punya rencana, kita tidak akan tahu di mana seharusnya berada, pada saat itu pengendalian – sesuai definisi – tidak mungkin ada!

Manajer seperti pilot, memandu organisasi kepada tujuan yang telah ditentukan. Bisa jadi suatu saat pilot mengetahui bahwa landasan di bandar udara tujuan tertutup awan sehingga dia harus mengalihkan kepada alternatif lain. Manajer juga mungkin melakukan hal yang sama, kadang-kadang memutuskan bahwa tujuan awal harus berubah karena lingkungan operasi yang berubah, sehingga untuk mengejar tujuan awal menjadi tidak pantas.

[Project Planning, Scheduling & Control, James P. Lewis]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s