manajemen proyek, gagal?

pm2triangle

Statistik menunjukkan angka 20-30% saja proyek-proyek yang selesai tepat waktu dan kurang dari 10% proyek-proyek yang biayanya yang mengikuti angka anggaran. Sebagian besar proyek, waktunya molor dan biayanya membengkak. Akan tetapi bagi beberapa orang kenyataan ini tidak terlalu dipermasalahkan, padahal dampak yang besar terhadap biaya dan keberhasilan proyek. Jika begitu banyak proyek yang pemenuhannya terlambat dan biayanya membengkak, lalu di mana letak masalahnya?

Kebanyakan orang melihat manajemen proyek seperti orang buta melihat gajah. Dengan demikian tidak mampu melihat kegagalan proyek melalui perspektif sistem maupun holistik. Oleh karenanya diperlukan tools, teknik dan metodologi untuk membunyikan alarm ketika proyek yang sedang dikerjakan tiba-tiba diperkirakan gagal. Diperlukan kombinasi yang baik antara infrastruktur dengan personel supaya proyek berhasil. Setiap personel yang terlibat diharapkan merupakan yang kompeten di bidangnya masing-masing. Selain itu pula dibutuhkan keteladanan dalam kepemimpinan dan komitmen organisasi untuk menyelesaikan proyek tepat waktu dengan biaya yang wajar.

Untuk mencapai keberhasilan proyek bukan melulu menjadi tanggung jawab manajer proyek. Harus melihat gambaran besarnya, sebagai satu kesatuan antara tim yang bermain di dalamnya: pimpinan, manajer aset dan portfolio, manajer operasi, dan manajer proyek. Kerja sama yang baik di antara semua komponen ibarat orkestrasi musik, masing-masing bagian bertanggung jawab atas tugasnya. Bagaimanapun, diperlukan paradigma baru untuk kesuksesan: bukan dengan mengubah perilaku melainkan mengubah pola pikir, memberi penghargaan atas kinerja, bergotong royong, berdialog secara produktif dan gairah, serta adanya kepemimpinan.

2 thoughts on “manajemen proyek, gagal?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s