pentingnya visi

housePada sebuah simulasi, tergambar sebuah kotak di atas kertas flip. Hadirin diminta berpartisipasi melengkapi gambar. Setiap orang menambahkan komponen pada kotak sesuai persepsi masing-masing. Lalu jadilah sebuah gambar yang tidak jelas, tidak dapat disimpulkan sebagai gambar apa.

Pada kertas flip yang lain, juga tergambar sebuah kotak. Tertulis di atas kotak tersebut sebuah kata, “Rumah”. Hadirin diminta kembali berpartisipasi melengkapi gambar. Maka setiap orang menambahkan komponen pada kotak, masih sesuai persepsi masing-masing. Sehingga jadilah gambar sebuah rumah apa adanya.

Bandingkan lagi jika yang tertulis adalah kalimat, “Rumah tinggal 2 lantai dengan 4 kamar tidur, 2 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 ruang makan, 1 dapur, 1 ruang servis, dilengkapi carport dan taman”. Tentu yang akan tergambar adalah sebuah rumah lengkap dengan denah.

Sebuah visi seperti kata-kata atau kalimat yang tertulis di atas kotak. Persepsi dari setiap partisipan dapat diarahkan melalui kata-kata itu. Visi yang jelas dapat mengubah persepsi menjadi harapan. Semakin jelas maksudnya, akan semakin mudah membayangkan wujudnya dan menggerakkan partisipan untuk membuat gambar sesuai harapan.

Begitupula kondisi organisasi, tanpa visi yang jelas, setiap orang di dalam organisasi akan bergerak sesuai persepsi masing-masing, akibatnya pencapaian organisasi tidak akan kemana-mana. Organisasi yang sukses akan memiliki visi yang jelas. Berangkat dari itu, misi tersusun dalam bentuk strategi pencapaian tujuan-tujuan. Rencana kerja kemudian dibuat dalam bentuk yang lebih nyata untuk kemudahan dalam mewujudkan visi.

@my

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s