takut hantu audit

audit-cartoonApa yang terlintas di pikiran dengan kata “audit”? Ada sebagian pihak yang menganggap audit sebagai momok merisaukan: mencari-cari kekeliruan dan penyimpangan. Ada pula yang menganggap audit itu merepotkan: auditor banyak permintaan dokumen atau pertanyaan. Ada lagi yang menganggap audit itu menghantui: biasanya pada temuan audit yang belum ditindaklanjuti, apalagi jika laporan audit menyatakan tidak wajar.

Sebenarnya apa sih audit itu?

Istilah audit diterapkan dalam konteks finansial, dalam bentuk pemeriksaan pembukuan tentang keuangan perusahaan secara berkala atau pengujian efektivitas keluar masuknya uang dan penilaian kewajaran laporan yang dihasilkannya. Bukan berarti audit dirancang untuk mencari ketidakjujuran yang disengaja. Melakukan audit merupakan proses yang kompleks dan memerlukan keterlibatan dalam mengungkapkan kelalaian, kesalahan akuntansi, dan prediksi yang terlalu optimis. Sedikit menggali masalah serius seperti penipuan.

Adakah manfaat dari audit? Audit memiliki manfaat yang luas, di antaranya:

Kesalahan akuntansi dapat diketahui sehingga dapat dilakukan koreksi. Jika audit menemukan kecurangan, maka pelakunya dapat dimintakan pertanggungjawaban. Audit dapat menyarankan perbaikan pada sistem yang dianggap lemah. Audit akan mendorong pekerja untuk bersikap jujur, lebih sedikit potensi kesalahan dan kecurangan.

Bahkan, pada hasil audit yang benar, adil, dan wajar akan: meningkatkan kepercayaan investor pada bisnis yang sedang dijalankan; meningkatkan percaya diri dan ketenangan pikiran, terutama bagi direksi yang bertanggung jawab pada keuangan perusahaan; meyakinkan bahwa sistem pengendalian internal cukup kuat dan bekerja dengan baik; serta meningkatkan kepercayaan publik pada organisasi.

Jadi, apakah masih takut dengan audit?

@rh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s