perencanaan strategis

Strategy_Concept_svgBagaimanakah ketika kita hendak pergi berlibur? Setelah menentukan visi, kita tentukan tempat tujuan. Selanjutnya menentukan tanggal, berapa lama, menginap di mana, menggunakan transportasi apa, apa saja bekal yang dipersiapkan, berapa besar anggarannya, fleksibilitas apa yang diperlukan jika terjadi hal di luar rencana? Semua itu direncanakan dengan matang untuk mencapai tujuan liburan.

Tidak hanya pergi berlibur, nampaknya hampir semua hal yang memiliki tujuan memerlukan perencanaan. Entah itu melatih tim sepakbola, memasak untuk acara makan malam, atau menjalankan organisasi, memerlukan perencanaan strategis.

Perencanaan strategis sebagai sebuah proses yang sistematis tidak hanya mengartikulasikan antara visi dan tujuan organisasi dengan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat kemajuan, tetapi juga mengetahui bagaimana langkah-langkah tersebut berhasil atau tidak. Berbeda dengan perencanaan taktis, perencanaan strategis memiliki gambaran yang lebih lebar dan lebih lentur dalam menentukan pilihan.

Banyak kerangka dan metodologi yang digunakan untuk manajemen dan perencanaan strategis. Tidak ada aturan yang baku dalam membuat kerangka yang benar, namun kebanyakan memiliki pola yang serupa dan atribut yang sama. Hal-hal berikut adalah pendekatan sederhana untuk perencanaan strategis yang telah dirangkum oleh Forbes:

Asesmen untuk mengenali kondisi organisasi dengan mengenali pasar, lingkungan kompetitif, dan kompetensi yang dimiliki. Identifikasi mengenai hal-hal yang penting, dan analisis prioritas untuk mencapai visi dan misi organisasi. Menetapkan rencana strategis yang secara efektif mengkomunikasikan bagaimana mengalokasikan waktu, sumber daya manusia, dan uang untuk mengatasi isu-isu prioritas dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Review untuk memastikan rencana berjalan sesuai rancangan, secara rutin dan membuat perbaikan yang diperlukan.

Apabila efektif, rencana strategis mampu membawa organisasi kepada kondisi yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Ianya akan menjaga organisasi tetap berada pada jalur dan tetap fokus ke masa depan.

@ps

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s