Pada harga minyak rendah

panicHarga minyak, sudah pasti adalah fungsi dari pasokan dan permintaan. Ketika permintaaan melebihi pasokan, harga tinggi. Sebaliknya, harga rendah ketika pasokan atas permintaan. Produksi minyak dunia secara umum meningkat dari 63 juta barel per hari pada tahun 1996 menjadi 80 juta pada tahun 2015. Lonjakan harga yang terjadi pada tahun 2011 dan penurunan tajam tahun ini, bagaimanapun, adalah akibat dari permintaan yang tidak mengikuti lintasan yang sama.

Saat ini, perusahaan-perusahaan minyak mungkin menghadapi alternatif berikut: meningkatkan produksi dari aset yang ada, menjual sumber daya yang ada, atau mengurangi biaya eksplorasi dan produksi. Salah satu tindakan sederhana pemotongan biaya adalah mengurangi pekerja. Tajuk utama koran sepanjang tahun hampir selalu muncul denganĀ  PHK pekerja minyak, perusahaan yang berjuang untuk bertahan hidup, dan krisis ekonomi.

Sekarang, apa yang akan seorang profesional muda lakukan? Ada yang mengatakan bahwa siapa saja yang tidak bingung benar-benar tidak memahami situasi. Anda mungkin bingung, dan begitu juga saya. Ini berarti bahwa setidaknya, kita mencoba untuk memahami situasi. Tetap tenang dan melanjutkan semua sangat baik, tapi hidup hanya tidak sesederhana itu. Bangkit dan hadapi fakta: Sekarang panik dan takut!

Apa yang kita panik? Tentu saja PHK. Perusahaan tempat kita bekerja, mungkin mempertahankan karyawan mereka, mungkin dengan cara yang sama juga mem-PHK kita. Seorang pekerja harus ingat ketika mereka terus dipekerjakan adalah: mereka masih memiliki pekerjaan yang mengamankan kehidupan mereka; mereka tetap dibayar meskipun take home pay mungkin kurang dari sebelumnya; mereka masih memiliki jadwal yang harus dilakukan setiap hari; mereka dapat yakin bahwa mereka memperoleh layanan kesehatan; dan mereka masih memiliki karir pula.

Ketika badai menghantam bahtera, kita mungkin masih berdiri dalam badai. Ketika angin tidak bertiup sesuai harapan, kita menyesuaikan layar. Harga minyak yang rendah, PHK, mereka mungkin mirip dengan badai. Ini mungkin sesuatu yang kita takutkan, tapi kita harus mempertimbangkan itu sebagai ujian dari Yang Mahakuasa. Kesulitan yang kita bisa lulus, selama kita sabar menunggu dan berdoa. Sebagaimana Allah telah berjanji kepada kita bahwa bersama dengan setiap kesulitan, ada kemudahan.

Dalam tarian komunal, tarian akan mengikuti kendang. Ketika genderang berubah, kita harus menari tarian yang berbeda. Kalau tidak, kita mungkin tidak menikmatinya. Kita harus ingat perubahan ini dapat bertindak sebagai waktu sulit yang akan selalu ada. Sebagai seorang profesional muda, kita harus fokus pada sisi positif. Cobalah untuk mendengarkan tubuh kita, hati, pikiran dan jiwa. Mencari peluang dan menjadi oportunis. Menetapkan tujuan dan memiliki visi untuk kehidupan kita. Cobalah untuk memberi dan berbagi, dan tidak menolak untuk mengambil keuntungan. Kita juga harus berterima kasih untuk semua yang kita miliki dan yang telah dilakukan.

Peluang di dunia yang berubah ini ada di mana-mana. Tapi, mereka tidak bisa dilihat oleh orang-orang yang tidak pasti tahu apa yang diinginkan. Paniklah dan tetap mengajukan pertanyaan sehingga kita dapat memahami situasi dan menemukan cara untuk memecahkan. Profesional muda harus menjaga profesionalisme mereka, keinginan, dan tindakan, sehingga mereka akan terus terlihat dan dikenal karena keahlian mereka. Kita harus selalu beriman dan percaya bahwa bersama dengan setiap kesulitan adalah kemudahan.

[@BND, 20151019]

versi bahasa Inggris artikel ini ada disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s