Mengangkat kapasitas kaum muda

image

Pada tahun 2013, industri menuntut orang-orang yang terbaik dan cerdas. Mereka berjuang untuk memperebutkan orang-orang berbakat. Begitu banyak profesional senior yang pensiun, dengan membawa tahun-tahun pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Industri perlu melindungi sumber daya keterampilan dan kompetensi di dalam organisasi. Mereka juga ditantang untuk dapat mengganti atas kehilangan atau mengembangkan keterampilan yang berharga.

Pada saat itu, para profesional muda dihadapkan dengan karir yang beragam, lingkungan yang kompetitif, dan klien global yang membutuhkan pola pikir yang inovatif. Salah satu tantangan besar adalah untuk mengisi kesenjangan yang sangat besar antara posisi di dalam organisasi. Orang-orang muda ditawari untuk melakukan pekerjaan yang hebat di lokasi yang hebat, mempertahankan praktik untuk menjadi pemimpin pasar. Kemajuan karir mereka didukung penuh oleh keterlibatan masyarakat industri.

Pada 2015, bagaimanapun, industri masih membutuhkan orang-orang yang kompeten untuk menjaga kelangsungan bisnis mereka. Karena kompetensi di tempat kerja adalah kombinasi dari kesadaran, pengetahuan, keterampilan dan sikap yang memungkinkan kinerja dengan standar yang dibutuhkan dalam pekerjaan tertentu, maka orang-orang yang kompeten adalah orang-orang yang secara konsisten mengembangkan kemampuan mereka untuk menguasai pekerjaan.

Kompetensi yang dibutuhkan baik teknis dan non teknis. Sekolah dan pelatihan memberikan kompetensi teknis seperti teknik praktis dan pemecahan masalah. Praktik non teknis seperti negosiasi dan kepemimpinan diperoleh dalam keterlibatan pada masyarakat profesional dan hubungan bisnis.

Ada kutipan bahwa peluang datang kepada mereka yang siap. Para profesional muda harus sadar bahwa peluang tidak lain adalah karir mereka. Untuk bersiap dalam rangka menciptakan peluang, mereka harus mengetahui diri mereka sendiri. Mengetahui kapasitas sebagai hadiah dari Tuhan, diikuti dengan mengeksplorasi kemungkinan apapun agar mereka tampak di kehadiran profesional. Mereka harus membuat pilihan mereka sendiri dan mewujudkannya kemudian bahagia dengan keputusan mereka.

Kami mengatur palang tinggi dan kemudian kami meninggikannya lagi. Setiap orang muda sebaiknya mencoba untuk mengatur palang harapan pada karir mereka tinggi dan kemudian mengangkat lebih tinggi. Steve Job mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah mencintai apa yang Anda lakukan. “Aku menyukainya” adalah posisi tertinggi dari palang yang dapat kita atur. Tapi “cinta” ini bukan tentang hasrat, yang identik dengan keegoisan dan mengabaikan orang lain. Sedangkan kita tidak selalu dapat menghindar dari berhubungan dengan orang lain.

Titik manis “mencintai apa yang kita lakukan” adalah titik pertemuan antara bakat, pasar, dan gairah. Untuk mencari titik ini, bagaimanapun, memghabiskan waktu dan tenaga. Kita mungkin setuju dengan petunjuk Ray Kroc: “jika Anda bekerja hanya untuk uang, Anda tidak akan pernah berhasil, tapi jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan dan Anda selalu menempatkan pelanggan lebih dulu, kesuksesan akan menjadi milik Anda.”

Orang-orang muda yang mencintai pekerjaan mereka dan menempatkan pelanggan lebih dulu, biasanya melakukan pekerjaan yang hebat dengan memulai dari apa yang ada jelas di tangan mereka. Mereka tidak peduli dengan apa yang ada di luar kapasitas mereka. Mereka kompeten untuk melakukan pekerjaan dan selalu perhatian untuk belajar dan mengembangkan diri. Mereka harus menjaga sikap menang karena mereka berkomitmen untuk membawa hidup mereka ke tingkat berikutnya.

Ketika kita mendapatkan pekerjaan yang kita cintai dan kita bekerja hebat di dalamnya, kita harus ingat bahwa hidup hanyalah permainan di mana kita bermain sulap beberapa bola di udara. Bola-bola itu disebut pekerjaan, keluarga, kesehatan, teman, dan integritas. Kita harus menjaga bola-bola itu agar kita dapat bermain sulap kehidupan kita dengan baik, yang biasanya disebut “keseimbangan kehidupan-kerja”. Pokoknya kita tidak ingin menjatuhkan bola apapun. Maka kita harus memperhatikan bahwa kita tidak bisa memperlakukan bola kaca seperti kita memperlakukan bola karet.

Kesimpulannya, mengangkat kapasitas kaum muda tidak hanya tanggung jawab industri. Ini adalah perhatian orang-orang muda untuk meningkatkan kompetensi mereka untuk memenuhi hasrat mereka dan pasar sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan yang hebat. Ini bukan tentang seberapa baik diri kita, ini adalah tentang seberapa baik kita ingin menjadi.

[JCC, 20131021]

versi bahasa Inggris artikel ini ada disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s